Flu Atau Pilek

fluFlu atau pilek atau common cold adalah suatu infeksi virus pada selaput lendir hidung, sinus, dan saluran napas besar. Berbagai virus dapat menyebabkan terjadinya pilek atau flu antara lain :

  1. Picornavirus (contohnya rhinovirus)
  2. Virus influenza
  3. Virus influenza
  4. Virus sinsisial pernapasan

Ketiganya mudah ditularkan melalui ludah yang dibatukkan atau dibersihkan oleh penderita. Belum diketahui apa yang menyebabkan seseorang lebih udah tertular flu atau pilek pada suatu saat dibandingkan waktu lainnya. Kedinginan tidak menyebabkan pilek atau meningkatkan resiko penularan. Kesehatan penderita secara umum dan kebiasaan makan seseorang tampaknya juga tidak mempengaruhi hal tersebut. Kelompok yang secara pasti lebih mudah tertula pada orang-orang yang :

  1. Memiliki kelainan pada hidung atau tenggorokan (misalnya pembesaran amandel).
  2. Kelelahan atau stress emosional yang dapat menurunkan daya tahan dalam tubuh.
  3. Alergi di hidung atau tenggorokan
  4. Wanita [ada pertengahan siklus menstruasi.

Gejala mulai timbul dalam waktu 1-3 hati setelah terinfeksi. Biasanya gejala awal flu atau pilek berupa rasa tidak enak di hidung atau tenggorokan. Kemudian penderita mengalami hidung menderita mulai bersin-bersin mengalami hidung meler, dan merasakan sakit yang ringan. Umumnya flu tidak timbul demam, tetapi demam yang ringan bisa muncul pada saat terjadinya gejala. Pada awalnya hidung mengeluarkan cairan yang encer dan jernih dalam jumlah yang sangat banyak sehingga mengganggu pendeirta. Selanjutnya secret hidung menjadi lebih kental, berwarna kuning-hijau, dan jumlahnya tidak terlalu banyak.  Gejala biasanya akan menghilang dalam waktu 4-10 hari meskipun batuk dengan atau tanpa dahak seringkali berlangsung hngga minggu kedua.

Komplikasi dapat memperpanjang terjadinya gejala berikut ini :

  1. Infeksi saluran napas (trakea) disertai sesak di dada dan rasa terbakar)
  2. Ganguan pernapasan yang lebih berat terjadu pada penderita bronkitis atau asma yang menetap.
  3. Infeksi bakteri pada telinga atau sinus.

Diagnosis ddapat ditegakkan berdasarkan gejala-gejala yang muncul. Diusahakan agar penderita selalu dalam keadaan hangat dan nyaman. Bila terdapat demam arau gejala yang berat, maka penderita harus beristirahat dengan menjalani tirah barng dirumah. Minum banyak cairan akan membantu mengencerkan secret hidung sehingga lebih mudah dikeluarkan. Untuk meringankan nyeri atau demamnya pada anak-anak maupun orang dewasa, bisa diberikan parasetamol, asetaminofen, atau ibuprofen.

Pada penderita dengan riwayat alergi pemberian antihistamin bisa membantu mengeringkan hidung yang meler terus menerus. Alternatif lainnya adalah memberikan obat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Menghirup uap atau kabur dari vaporizer dapat membantu mengatasi flu mengencerkan secret dan mengurangi sesak di dada. Selain itu, mencuci rongga hidungdengan larutan garam isotonic dapat membantu mengeluarkan secret yang kental. Akan tetapi, batuk merupakan satu-satunya cara untuk mmebuang secret dan debris dari saluran napas.Oleh karena itu, sebaiknya batuk-tidak diobati jeculai jika sangat mengganggu dan menyebabkan pendeirta susah tidur. Jika batuknya hebat, bisa diberikan obat anti-batuk.

 


=====================================

>>> Obat Batuk Flu Untuk Mengobati Penyakit Batuk dan Flu, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Flu and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>