Flu Pada Anak

Flu berasal dari influenza yang disebabkan oleh virus influenza. Sedangkan untuk penyakit dengan gejala bersin-bersin, hidung tersumbat, batuk atau kurang enak kurang badan lebih tepat disebut dengan penyakit common cold atau selesma yang angka kejadiannya cukup tinggi terutama pada balita.

flu-pada-anakSedangkan influenza adalah oenyakit infeksi pernapasan yang sangat menular dengan geala yang lebih berat dari selesma yaitu batuk dan pilek yang lebih berat, demam yang lebih tinggi, dibanding selesma, sakit kepala, nyeri otot dan sendi bahkan bisa menyebabkan komplikasi berupa pneumonia atau radang baru. Influenza disebabkan oleh virus influenza tipe A, B atau bisa juga C, namun ini jarang. Gejala yang lebih berat biasanya disebabkan oleh virus influenza tipe A yang bisa menimbulkan wabah seperti flu burung (H5N1) atau flu babi (H1N1).

Penyakit influenza pada anak-anak meningkat. Temperatur dan kelembaban saat musim tersebut sering berubah-ubah, daya tahan tubuh dapat menurun dan ini sangat idela bagi banyak virus untuk lebih cepat berkembang biak pada kondisi fisik yang lemah. Jadi tidak heran lebih banyak orang terserang penyakit pada musim pancaroba dibanding musim yang temperaturnya relatif stabil.

Beberapa alasan mengapa balitan dan anak-anak lebih rentan terkena influenza :

1. Sistem daya tahan tubuh masih lemah dan relatif belum matang dibandingkan orang dewasa karena masih dalam tahap tumbuh kembang.
2. Diameter saluran nafas lebih kecil dari dewasa sehingga jika terjadi peradangan saluran nafas, gejala yang ditimbulkan lebih berat misalnya sesak nafas.
3. Biasanya anak-anak suka mengkonsumsi es, snack atau makanan-makanan tertentu yang bisa merangsang batuk atau pilek bagi anak yang mempunyai riwayat alergi.
4. Lingkungan yang kurang baik untuk kesehatan pernafasan misal lingkungan yang tinggi polusi, banyak asap rokok dapat menurunkan daya tahan saluran napas terutama pada anak
5. Anak-anak gampang tertular dari dewasa yang menderita flu atau selesma yang tidak memakai masker saat bersin atau batuk.

Umumnya flu dapat sembuh dengan sendirinya, upaya pengobatan hanya menurunkan dan mengurangi gejala. Istirahat yang cukup serta mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang sangat diperlukan untuk mempercepat penyembuhan.

Diperlukan perhatian dalam penggunaan obat-obat over the counter (OTC) untuk flu atau selesma, yang bisa dibeli sndiri tanpa resep dokter. Karena biasanya mengandung lebih dari satu zat aktif dan tak jarang mengandung zat aktif yang kurang dianjurkan untuk anak-anak yang menderita flu atua selesma biasa, misalnya antitusif, dekongestan dan antihistamin.

Dekongestan biasaya digunakan pada anak-anak yang mengalami rhinitis alergi tahunan sedangkan antitusif (penenkan batuk) digunakan pada batuk rejan, berupa batuk hebat dan terus-menerus. Influenza bisa menyebabkan kompikasi radang paru terutama pada golongan yang rentan seperti anak dengan penyakit jantung, ginjal, asma juga pada usia lanjut. Komplikasi influenza inilah yang dicegah dengan pemberian vaksin influenza.


=====================================

>>> Obat Batuk Flu Untuk Mengobati Penyakit Batuk dan Flu, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Flu, Obat Flu and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>