Komplikasi Flu

Komplikasi Flu – Banyak muncul anggapan di tengah masyarakat yang mengira batuk pilek pastilah flu atau influenza dan bisa sembuh dengan sendirinya seiring dengan daya tahan tubuh membaik. Hal ini tentu menimbulkan kerancuan besar. Penyakit influenza disebabkan oleh tiga jenis virus, yaitu virus A, B, dan C. Semuanya menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan aor ludah atau kontak langsung seperti bersalaman dengan orang yang baru saja bersin. Influenza biasanya ditandai dengan gejala demam, menggigil, nyeri otot dan pegal-pegal, lemak, tidak enak badan dan sakit tenggorokan. Semua tanda dan gejalanya hampir sama dengan batuk pilek biasa tetapi cenderung lebih  dari tiga hari biasanya ini influenza. Namun juga perlu disadari dan diwaspadai jika bisa saja ini akan menjadi komplikasi batuk.

Epidemi influenza yang terjadi setiap tahunnya bisa menyerang siapa saja. Kalau kena influenza harus di rumah, selain untuk istirahat tapi agar tidak menular. Namun bukan berarti influenza bisa dianggap remeh. Walaupun seringkali bisa sembuh sendiri, tapi ternyata juga menimbulkan komplikasi flu serius. Masayarakat umumnya menganggap influenza sebagai penyakit flu ringan  yang dapat diobati dengan obat flu yang dijual bebas, Padahal obat flu tersebut hanya membantu mengatasi sebagan gejala influenza, tetapi tidak melumpuhkan virus influenza. Akibatnya penyakit akan tetap berlanjut, bahkan beresiko untuk dapat menyebabkan komplikasi flu yang serius.

 Komplikasi Flu

Komplikasi Flu

Ada beberapa kelompok tertentu yang memiliki resiko tinggi mengalami komplikasi flu. Kelompok tersebut antara lain anak-anak berusia kurang dari dua tahun, orang berusia diatas 65 tahun, wanita hamil, penderita penyakit kronik, calon jemaah haji serta petugas layanan medis. Lebih dari 90 persen kemtian akibat influenza pada usia 65 tahun . Pada mereka kekebalan tubuhnya rendah sehingga bisa menyebabkan komplikasi flu seperti radang paru, bahka ada juga yang menyebabkan infeksi jantung. Pahami dan cegah penyakit flunya. Dari yang musiman sampai pandemic. Bila sudah terjadi komplikasi sangat berbahaya sekali, kematian bisa mencapai 40%. Selain itu pengobatannya juga mahal. Pasien dengan penyakit kronik seperti pasien penyakit jantung paru atau asma juga berpotensi lebih besar untuk menderita komplikasi akibat influenza.

Untuk orang yang kekebalan tubuhnya kuat mungkin 3 hari sudah sembuh. Tapi untuk orang dengan kekebalan tubuhnya buruk bisa menyebabkan pneumonia. Ada pula proses radang, yang juga bisa terjadi di otot jantung. Jadi virus influenza menstimulasi radang. Bukan virusnya yang berbahaya, tapi radangnya yang menyebabkan komplikasi. Pada kesempatan yang sangat langka, influenza pada kasus yang berat dapat mengganggu sistem saraf. Jika perlawanan imun seseorang sedang down, penderita harus menghindari tempat-tempat keramaian selama epidemic, selain itu juga menjaga jarak dari orang-orang yang bersin atau batuk. Lama pemaparan cuaca basah dan dingin menurunkan resistensi dan meningkatkan risiko infeksi. Hindari terlalu lelah dan tempat-tempat kumuh. Merokok dan alkohol juga dapat merusak ketahanan imun. Menghindari penyebab influenza bisa dengan dilakukan obat flu Anda.

Terdapat beberapa komplikasi penyakit flu yang bisa terjadi adalah :

  1. Penyakit sinusitis
  2. Penyakit radang paru-paru atau pneumonia
  3. Penyakit miokarditis atau peradangan dan kelemahan pada otot jantung
  4. Perikarditis suatu iritasi dan juga pembengkakan yang terjadi pada bagian perikardium, yakni kantung yang bisa mengelilingi jantung.
  5. Ensefalitis atau peradangan yang terjadi pada otak.

Oleh karena itulah mencegah terjadinya komplikasi flu maka Anda harus menerapkan pola hidup dan gaya hidup yang sehat, beberapa cara dibawah ini bisa membantu untuk menghindari terjadinya flu adalah :

  1. Jika di keluarga Anda ada yang mengalami penyakit flu, maka sebaiknya meminta mereka untuk menggunakan masker untuk membantu meminimalisir dari terjadinya penularan influenza.
  2. Memastikan Anda mencukupi kebutuhan nutrisi dengan lengkap dan juga seimbang. Dengan cara menambahkan suplemen melalui vitamin dan juga susu.
  3. Mencuci tangan sebelum makan dan minum. Atau juga setelah Anda bersentuhan dengan binatang ternak.
  4. Mendapatkan istirahat yang cuukup
  5. Sebaiknya, jika Anda habis keluar rumah, maka bergantilah pakaian dan mencuci tangan.
  6. Memberikan obat flu berupa vaksin influenza.

Pemberian vaksin flu, biasanya diberikan untuk anak-anak dan merupakan salah satu vaksin tahunan, karena obat flu vaksin ini harus diulang setiap tahunnya dan mengikuti perubahan pada virus influenza yang berubah-rubah juga setiap tahunnya. Dari beberapa orang yang sebaiknya diberikan vaksin adalah :

  1. Untuk anak-anak yang usianya 6 bulan-19 tahun
  2. Wanita hamil untuk usia 50 tahun atau juga lebih
  3. Individu dengan semua usia yang memiliki kondisi medis yang kronis
  4. Mereka yang hidup di panti jompo dengan fasilitas perawatan dalam jangka waktu yang lama.
  5. Orang yang mempunyai resiko mengalami komplikasi flu dan termasuk pekerja kesehatan.

 Komplikasi Flu

Cara Pemesanan Obat Flu
Mengobati Penyakit Flu, Menjaga Kekebalan Tubuh Dari Virus Influenza

Harga 1 Botol Obat Flu Isi 50 Kapsul = Harga Rp.115.000,-/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Flu, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

This entry was posted in Obat Flu and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.